"DEFINISI PSIKOLOGI"
psikologi berasal dari bahasa yunani yaitu psyche (jiwa0 dan logos ( ilmu) psikologi adalah suatu istilah ilmu pengetahuan(sentifik0 bercorak tertentu dan bisa dipertanggung jawabkan.
Menurut beberapa ahli psikologi mempunyai teori pendapat masing masing
1.singunal freud menjelaskan :
bahwa psikologi terdapat dua faktor yaitu faktor lingkungan (empirisme) dan faktor bawaan(humanistik).pasa otak manusia terdapat alam kesadaran dan alam bawah sadaratau ketidak sadaran.
2.. Carl Jung (1875-1961) Tokoh satu ini dalam kisahnya belum berhasil mencetuskan sebuah teori, namun ia telah banyak berinteraksi dan belajar dengan tokoh psikologi Freud yang mengantarkannya menjadi Presiden pertama International Psychoanalytic Association pada tahun 1910.8. John Watson (1878-1958) Tokoh ini telah menorehkan karyanya yang ditulis dalam sebuah buku yang berjudul "Psychologyas the Behaviouristviewit" 1913.
Dalam karyanya ia mengatakan sebuah teori bahwa psikologi haruslah menjadi ilmu yang obyektif, oleh karena itu ia tidak mengakui adanya kesadaran yang hanya diteliti melalui Metode introspeksi, selain itu ia mengatakan bahwa psikologi harus dipelajari seperti orang mempelajari ilmu pasti atau ilmu alam. Ia dikenal pula sebagai pendiri aliran behaviorisme di Amerika Serikat.9. Max Wertheimer (1880-1943) Teori yang ia sampaikan berdasarkan atas hukum-hukum Gestalt yang ia tulis dalam buku "Investigation of Gestalt .
3.CARL.lazer menjelaskan :yatakan bahwa pertumbuhan manusia berjalan sesuai prinsip epigenetik yang menyatakan bahwa kepribadian manusia berjalan menurut delapan tahap.Berkembangnya manusia dari satu tahap ke tahap berikutnya ditentukan oleh keberhasilannya atau ketidakberhasilannya dalam menempuh tahap sebelumnya. Pembagian tahap-tahap ini berdasarkan periode tertentu dalam kehidupan manusia: bayi (0-1 tahun), balita (2-3 tahun), pra-sekolah (3-6 tahun), usia sekolah (7-12 tahun), remaja (12-18 tahun), pemuda (usia 20-an), separuh baya (akhir 20-an hingga 50-an), dan manula (usia 50-an dan seterusnya).Masing-masing tahapan juga memiliki tugas perkemba4. Erik Homburger Erikson dilahirkan di Frankfurt, Jerman, pada tahun 1902. Ayahnya adalah seorang keturunan Denmark dan Ibunya seorang Yahudi. Erikson belajar psikologi pada Anna Freud (putri dari Sigmund Freud) di Vienna Psycholoanalytic Institute selama kurun waktu tahun 1927-1933. Pada tahun 1933 Erikson pindah ke Denmark dan disana ia mendirikan pusat pelatihan psikoanalisa (psychoanalytic training center). Pada tahun 1939 ia pindah ke Amerika serikat dan menjadi warga negara tersebut, dimana ia sempat mengajar di beberapa universitas terkenal seperti Harvard, Yale, dan University of California di Berkley.
Erikson menjadi terkenal karena upayanya dalam mengembangkan teori tentang tahap perkembangan manusia yang dirintis olehfreud.
5.jeanPiagetIa lahir di Neuchâtel, Swiss, 9 Agustus 1896 – meninggal 16 September 1980 pada umur 84 tahun. Ia adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan psikolog perkembangan Swiss, yang terkenal karena hasil penelitiannya tentang anak-anak dan teori perkembangan kognitifnya. Menurut Ernst von Glasersfeld, Jean Piaget adalah juga “perintis besar dalam teori konstruktivis tentang pengetahuan. Karya Piaget pun banyak dikutip dalam pembahasan mengenai psikologi kognitif.
Piaget menjabat sebagai profesor psikologi di Universitas Geneva dari 1929 hingga 1975 dan ia paling terkenal karena menyusun kembali teori is perkembangan kognitif ke dalam serangkaian tahap, memperluas karya sebelumnya dari James Mark Baldwin, menjadi empat tahap perkembangan yang lebih kurang sama dengan (1) masa infancy, (2) pra-sekolah, (3) anak-anak, dan (4) remaja. Masing-masing tahap ini dicirikan oleh struktur kognitif umum yang mempengaruhi semua pemikiran si anak (suatu pandangan strukturalis yang dipengaruhi oleh filsuf Immanuel Kant). Masing-masing tahap mewakili pemahaman sang anak tentang realitas pada masa itu, dan masing-masing kecuali yang terakhir adalah suatu perkiraan (approximation) tentang realitas yang tidak memadai. Jadi, perkembangan dari satu tahap ke tahap yang lainnya disebabkan oleh akumulasi kesalahan di dalam pemahaman sang anak tentang lingkungan nya; akumulasi ini pada akhirnya menyebabkan suatu tingkat ketidakseimbangan kognitif yang perlu ditata ulang oleh struktur pemikiran
ngan sendiri yang bersifat psikososial.
KESIMPULAN
psikologi
berasal dari bahasa yunani yaitu psyche (jiwa0 dan logos ( ilmu)
psikologi adalah suatu istilah ilmu pengetahuan(sentifik0 bercorak
tertentu dan bisa dipertanggung jawabkan. kepribadian manusia berjalan menurut delapan
tahap.Berkembangnya manusia dari satu tahap ke tahap berikutnya
ditentukan oleh keberhasilannya atau ketidakberhasilannya dalam menempuh
tahap sebelumnya. Pembagian tahap-tahap ini berdasarkan
periode tertentu dalam kehidupan manusia: bayi (0-1 tahun), balita (2-3
tahun), pra-sekolah (3-6 tahun), usia sekolah (7-12 tahun), remaja
(12-18 tahun), pemuda (usia 20-an), separuh baya (akhir 20-an hingga
50-an), dan manula (usia 50-an dan seterusnya).
Masing-masing tahapan juga memiliki tugas perkemba
Tidak ada komentar:
Posting Komentar